Itinerary jalan - jalan ke Vietnam Kamboja selama 8 hari

Hai...... disini aku mau ceritain detail perjalanan aku per harinya selama di Vietnam - Kamboja ya, selamat menikmatii.

Hari ke 1
Ini hari Ke 1 buat aku ya, karena aku, Risma dan Acrid semuanya ambil flight yang berbeda dari Indonesia nya hehehe, jadi Aku naik Malindo Air dengan rute Jakarta - KL - Hanoi. Acrid udah di KL dari satu hari sebelumya, Risma masih perjalanan dari Sorong - Jakarta untuk hari yang sama ini. Jadi aku ketemu sama Acrid di KL airport, kami deh kami barengan ke Hanoinya. Penerbangan sekitar 2,5 jam lah dari KL ke Hanoi. Sampe di Hanoi airport kita ya biasa imigrasi, terus langsung keluar tanya-tanya orang buat ambil bus 86 kemana, jadi bus 86 ini rutenya Airport ke Ga Ha Noi Station, nah hostel kita tuh deket si stasiun kereta ini makanya mau naik ini aja. First impression adalah orang di Hanoi tuh cuek tapi baik, kalo di Indonesia kayanya di setiap airport begitu keluar pasti kita diserbu "taxi mbak, travel mbak, rental mbak" disini kaga ada cuy, tapi kalo kita nanya ya dia jawab aja gitu bae2.

Naiklah kita si bus 86 ini jurusan Stasiun Ga Ha Noi dengan harga VND 30,000, kita turun di daerah old quarter, pemberhentian si bus ini yang terdekat sama hostel kita. Sampe di hostel kita taro barang, ganti baju trus lanjut jalan, objek terdekat kalo di liat2 itu ada gereja tua gitu St. Joseph Cathedral, mumpung hari Minggu kami berpikir buat yaudah sekalian gereja aja. Dan itu adalah gereja Katolik dan ibadahnya pake bahasa Vietnam, kami berdua yaudah senyum2 aja dah udah, ga ngerti sama sekali :)

Di depan hostel murmer kami

St Joseph Catedral masih terang

St. Joseph Catedral pas udah gelap

Abis selesai ibadah kami jalan2 keliling daerah Old Quarter, ngelewatin Hoan Kiem Lake. Danau ini lumayan rame banget sama turis, banyak kegiatan di sekitarnya, ada makanan, ada performance dari pemusik jalanan. Selanjutnya makan malam kami makan di Bun Cha Ta, ampun ini enaaaaak banget, jadi semacam pork grill, ada soup nya, ada bihunnya, ada spring roll, ada  daun2an mentah. Tapi ya ga halal ya teman2, tapi klo yang bisa makan makanan ga halal aduh enak nyaa ini bun cha taa.

Hari ke 2

Bangun tidur pagi2 semua oke aja, tidur nyenyak, AC dingin, biarpun ini hostel murah banget tapi nyaman. Jadi ini kan backpacker hostel modelnya satu kamar ada tiga tempat tidur bertingkat, jadi total di satu kamar bisa 6 orang dan itu campur cewe cowo. Waktu itu sih ga ada yang ganggu ya walaupun ramean, waktu kami disitu ada dua orang tamu bule mana ga tau dah tapi mereka ga berisik jadi saling menghargai aja, aku sih ga terganggu jadi bisa tidur nyenyak aja.

Dan tibalah sesuatu terjadi ga lama setelah bangun tidur, jadi ternyata penerbangan si Risma yang KL - Hanoi dicancel tanpa pemberitahuan hahaaha. Jadi si Risma itu sama kaya aku hari sebelumnya penerbangannya, Jakarta - KL, KL - Hanoi, nah dia udah sampe KL eh tau2 katanya ga ada penerbangan Malindo ke Hanoi hari itu, pusing ga siiiih. Singkat cerita karena kekeuh bukan kesalahan dari kami, ya emang bener ga ada email pemberitahuan apapun, akhirnya dikasih kompensasi sama si pihak Malindo lah si Risma yaitu hotel menginap semalam dan ikut penerbangan besokan paginya. Agak kesel juga sebenernya bagian yang ini ya, karena plan nya malam ini kami udah jalan ke Sapa trs bsk pagi udah explore Sapa. Ya akhirnya plan buat Risma bergeser deh dia bakal flight besok pagi, sampe siang trs langsung ke Sapa, jadi mungkin sampe Sapa nya tetep besok ya tapi malam harinya.

Udahlah setelah drama tiket Malindo beres, aku udah ga mood lagi sebenernya buat sarapan haha, tapi ya karena mau keluar sarapan aja dulu dah. Dan yang mengagetkan adalah si hostel 60ribuan ini sarapannya lumayan banget lhooo hahaha. Jadi ada beberapa pilihan menu nya gitu, kita boleh pilih satu makanan dan minuman, waktu itu aku pilih mie rebus vietnam, modelnya mereka mie putih tapi bukan bihun, enak deh.

Abis sarapan lanjut deh kita niatnya mau jalan2 yang deket aja ke objek wisata sekitar situ. Jadi deh kami ke Ho Chi Minh Mausoleum, iya namanya gitu tapi letaknya di Hanoi hehe. Tiket masuk nya VND 40,000 ya isinya sejarah tentang bapak negaranya mereka ini pastinya ya. Tapi ya sejujurnya aku ga terlalu menikmati this kind of tourism, ya aku suka denger sejarah suatu tempat tapi kalo diceritain aja sama orang lokal bukan yang baca atau liat2 di museum gitu. Ya orang kan beda2 ya interestnya, aku ga bisa bilang juga museum ini bagus atau ngga karena ya ga paham juga museum seharusnya gimana hahaha. Terus ini museum ada jam tutupnya gitu siang2, mungkin istirahat makan siang kali ya, jadi jangan dateng pas tengah hari deh nanti dia tutup.

Di depan pintu masuk  Ho Chi Minh Mauseleum

Di depan ikon Ho Chi Minh Mauseleum

Abis sarapan kita makan siang di rumah makan lokal pinggir jalan gitu, lagi2 pork hahaha. Semacam pork goreng gitu sama sayur tumis, aduh tapi ini juga enak banget ya tapi ga halal hihi. Abis ini tadinya kita mau ke Thang Long Imperial Citadel, eh taunya dia tutup tiap senin haha. Yaudah lanjut deh kita ke Don Xuan market, ini semacam pasar tradisional gitu tapi aku merasa ini banyakan grosiran gitu buat warga lokal. Ada sih beberapa buat turis kalo mau beli oleh2 tapi ga terlalu banyak, ya akhirnya aku belilah beberapa gantungan kunci buat oleh2 hahaha.

Selesai dari jalan2 sampe lah kita balik lagi ke si hostel tercinta kami, itu masih sekitaran jam 6 sore dah padahal kan kami harus ke terminal bus jam 9 malam. Tapi yaudah kami tunggu aja di lobby nya, dan ternyata disuguhin beer hahaha, iya sih kemaren pas check in emang dibilang klo jam 6 apa 7 ke atas ada free beer cuma kemaren karena jalan2 ga ngeh kan. Padahal kan kami itungannya udah check out ya tapi tetep lho dikasih dan itu unlimited boleh nambah terus, love banget deh sama hostel ini.

Udah jam 9 kami jalan deh ke terminal Inter Bus Line nya deket daerah situ juga. Sampe situ dateng ke counternya liat nama kita udah ada di list yaudah deh tinggal tunggu. Udah jam berangkat, kami masuk ke bus, pertama aku merasa lucuuu banget, itu tempat duduknya dua lantai hahaha. Jadi ada yang di atas ada yang di bawah hihihi. Karena udah malem dan ngantuk langsung deh aku tidur pulas.

Hari ke 3
Malam sebelumnya kan aku sama bang Acrid naik bus malam tuh menuju Sapa, kalo malam tuh agak cepat ya karena ga terlalu banyak berhenti. Jadi sekitar jam 3 itu bus sudah sampai di Sapa town, tapi karena bus nya baik hati banget, dia biarin kita tidur aja udah di bus nya sampe terang baru deh kita misal mau naik taxi atau dijemput dari pihak travel. Trus aku inget banget jam 3 pagi itu kebelet pipis hahaha, yaudah aku keluar dari bus trus nyari hotel atau apa yang bisa dipake toiletnya. Dan waktu itu nemu satu hotel yang sepi banget di lobby dan receptionnya ga ada orang, mengandalkan insting akhirnya aku temukan toilet dan numpang pipis hahaha. Abis itu balik ke bus deh buat lanjutin bobo.

Sekitar jam 6 pagi, udah terang baru deh si supir bangunin kita. Nah ini juga perlu hati2, karena di luar bus sudah menanti para perempuan dari suku Hmong buat nawarin jualan mereka atau jasa mereka buat jadi tour guide. Kalau udah punya ya kita bisa juga menolak dengan sopan, bilang kita udah booking sendiri. Karena aku udah dibookingin taxi sama si Mary host homestay kami, jadi yaudah kami ketemuan aja di tempat janjiannya, terus dianter deh kami ke homestay. Perjalanan sekiyar 30 menit buat ke rumah, di perjalanan tuh ya semuanyaaaa teras2 padi, pemandangan bukit2, terus udara juga udah segeeeerr banget, dingin gitu klo di Hanoi kan masih panas tuh kaya Jakarta.

Sampe di rumah itu rumahnya seru banget, jadi semacam dari kayu2 gitu kan. Terus di lantai 1 ada kamar, tiga kalo ga salah, nah yang kami pesan itu kan cuma yang tempat tidur, itu ada di bagian atap rumah hehehe. Tapi walaupun bentuknya rumahnya begitu, dari kayu, lantainya semen biasa, tapi kamar mandinya keren jangan khawatir, setara hotel2 gitu dah. Ada air panas dingin, shower, toilet duduk, pokonya standar hotel deh. Begitu sampe kita di sambut sama si Zam sama satu volunteer namanya Malina dari German nih bocah masih baru lulus SMA. Terus kita ditawarin mau sarapan apa ga, ya karena masih pagi kita mau aja deh, sarapan bisa pilih mau pancake, omelette atau mie kuah.

Abis sarapan kita leyeh2 sebentar ngobrol2 terus akhirnya memutuskan buat main ke air terjun terdekat dari situ, karena males jalan yang jauh2. Kita jalan bertiga, satu lagi sama tamu juga namanya Marcus dari Singapore.

Pemandangan dari teras rumah

Plang jalan masuk ke homestay

Trek ke air terjun dekat homestay

View saat trekking ke air terjun
Setelah main di air terjun, kita makan siang di warung makan seket situ dan ya seperti biasa ada orang2 lokal yang nawar2in jualannya. Ya jangan capek buat nolak baik2 yaaa.

Agak sorean kami kembali ke homestay, istirahat, ngobrol2 dan mandi.
Tiba waktu makan malam, kami semua makan bareng di ruang makan, ada dua tamu lain juga dari Italia, Marta dan Louisa. Makanannya enaaaaaak banget deh, menunya banyak dan rasanya enak2 banget lagi. Setelah kami selesai makan, baru deh si Risma sampee hahaha, untuk makanan masih ada, jadinya dia masih bisa dapet makan malem deh.

Hari Ke 4
Bangun pagi2 seperti biasa kami ditawarin sarapan, kami sarapan diteras rumah sambil memandang pemandangan indah di luar rumah. Pagi itu hujan, tadinya kami berencana mau trekking ke lonely tree, ada semacam titik di puncak bukit gitu. Tapi karena hujan akhirnya kami bertiga cuma ngobrol2 aja sambil main makeup di teras hahha, yes Risma sama Acrid aku dandanin, hihihi.

Sampe siangpun masih ujan, agak sedih juga kan kalo ga kemana2 seharian, singkat cerita akhirnya kami memutuskan untuk sewa mobil buat main ke air terjun yang emang agak jauh.
Jadi baru sekitar jam 2 kita berangkat dari rumah, kami jalan berlima sama dua tamu lain si Marta dan Louisa, jadi klo berlima kan patungan sewa mobil plus drivernya jadi murah, masing-masing 220,000 VND.

Sampe di air terjun Thac Thin Yeu, kita masih harus jalan kaki duluu, mayan jauh naik turun, jadi gapapa deh itungannya trekking hari ini ke air terjun gede ini. Setelah sampe ke air terjun ampun itu baru disekitarannya doang aja dingin bangeet, karena abis ujan juga kali ya. Di air terjun yang ini kami ga ada yang turun berenang haha, abis dingin banget jadi pada takut masuk angin hihi. Jadi ya kami foto2 aja deh, setelah puas kami trekking balik ke pintu masuk. Di pintu masuk ada yang jualan2 makanan gitu kan, kami mampir dulu deh jajan disitu. Kami jajan pork satay, hahaha, enakkk, emang disini banyak bgt pork sih.

Risma, Acrid, Linda

Setelah itu kami jalan lagi tapi ga mau langsung pulang, kami makan di Sapa town pusat kotanya si Sapa ini. Kami makan berlima di restaurant gitu, disini Risma nyobain menu bun cha, tapi menurutku masih lebih enak yang di Hanoi, jadi si Risma makin penasaran deh hahaha. Setelah itu kami pulang ke rumah, waktu itu udah sekitar jam 8:30 malem deh kita jalan pulang ke rumahnya.

Pusat Kota Sapa Town

Gereja tua di Sapa Town

Hari ke 5
Hari ini adalah hari yang kebanyakan cuma buat mobilisasi.
Pagi banget kami udah jalan dari rumah, say goodbye ke semua yang ada di rumah dan naik taksi buat ke Sapa town ke bus station. Kami naik Inter Bus Line lagi buat balik ke Hanoi, karena kami mau ke Ho chi minh naik pesawat dari Hanoi. Bus nya sama seperti yang kami naikin waktu ke Sapa, jadi semacam sleeper bus gitu, cuma bedanya ini masih terang, jadi kalopun ga tidur bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan, mostly pemandangannya bikut2 hijau yang indah.

Danau di Sapa Town

Sampai di Hanoi, kami langsung menuju Bun Cha Ta hahaha, aku dan Risma makan disini, bang Acrid memilih buat coba street food lain jadi dia jalan2 cari makanan diluar. Setelah makanan datang dan Risma nyobain, baru deh dia ngerasain kalo Bun Cha yang disini enaaak banget hahaha.
Selesai makan, kami naik grab car buat ke bus stop terdekat si bus 86, karena kami mau naik bus lagi buat ke airport, pilih yang murah meriah aja hehe.

Sesampai di airport kami masih santai masih jauh dari waktu boarding, lalu kami lanjut ke mesin check in dan check in dan print boarding disitu. Setelah itu masuk ke gate dan nunggu waktu pesawat kami boarding. Kami naik pesawat Jetstar, karena ya paling murah aja waktu nyari2 tiket haha. Karena murah ya mereka ga ngasih bagasi, jadi jatah cuma 7kg kabin. Dan ini juga harus hati-hati, karena mereka tuh ngukur ulang lho di timbangan kalo ada yang keliatannya gede dan lebih berat dari 7 kg. Mereka ngeceknya lagi tuh pas lagi mau masuk pesawat gitu, untungnya sih kami bertiga ga ada yang dicek karena saat itu emang bawaan kami minimalis hehe.

Perjalanan udara dari Hanoi ke Ho Chi Minh City tuh sekitar 2 jam, karena aku beli tiketnya bareng Risma jadi kami duduk bersebelahan, Acrid duduk misah agak di depan. Jadi sepanjang perjalanan aku dan Risma ngobrol terus, saat itu cuaca kayanya berawan ya jadi banyak banget turbulence. Karena berdua kami ya santai aja pas banyak turbulence juga, walopun dalam hati sebenarnya khawatir hehe. Kalau aku sebenernya udah agak biasa karena beberapa kali naik Jetsar yang rute Jakarta - Singapore emang ya begitu turbulence tuh berasa banget, nah si Risma ini yang ga pernah naik Jetstar :)) Pas awak kabin bilang kalo kami udah mau landing rada lega tuh karena akhirnya penerbangan mau berakhir, etapi pas pertama banget pesawat mau pindah ketinggian tuh kaya kasar banget, jadi berasa "gabruuuk" langsung tiba2 turun gitu, mulai dari situ si Risma udah panik, ketakutan, genggem tanganku dan keringetaan sakin takutnya. Aku sebenernya takut sih, tapi liat yang lebih takut aku jd malah ketawa2 sambil nenangin. Risma dikit "ndoy berdoa ndoy, gue takut" aku "iya2, gapapa ini jetstar emang begini" hihihi entah ya kalimat itu menenangkan apa ngga. Karena selama mau landing turbulence terus si Risma sampe nangis, aku takut tapi liat orang lain sampe nangis aku malah jadi ga takut hahaha. Ya intinya kami bisa mendarat dengan selamat, dari situ katanya Risma ga mau naik Jetstar lagi hahaha.

Dari Airport kami berencana mau naik grabcar lagi nih buat ke hotel, dan ternyata emang bisa lho. Satu yang aku suka dari Vietnam tuh ya mereka santai bener, ga ada tuh keluar airport rame nawar2in taxi atau rental mobil. Taxi biasa ada, taxi online macem grab juga ada, jadi buat aku yang pertama kali ke Vietnam ini sih memudahkan banget, kalau ditanya juga petugas bandara ramah2 banget. Anyway jadilah kami ke Pioneer Hotel tempat kami menginap semalam di Ho Chi Minh City.

Sesampai di hotel ternyata kami dapat kamar di lantai 4 hahaha, capek cuma buat ke kamar doang karena harus naik tangga karena lagi2 ini backpacker hotel gitu. Kami ambil yang satu family room gitu, jadi ada satu double bed buat aku dan Risma, satu single bed buat Acrid. Sehabis istirahat sebentar kami jalan2 keluar, karena posisi udah malam sekitar jam 11 semua restaurant udah pada tutup. Dan akhirnya kami makan mie cup macam pop mie gitu di family mart, lumayan lah buat isi perut. Sehabis itu kami kembali lagi ke hotel dan istirahat.

Hari ke 6
Bangun pagi2, ga terlalu pagi sih, kita emang ga punya rencana banyak buat di Ho Chi Minh, cuma aku doang pengen ke Pink Church hehe. Jadilah kami berangkat dari hotel sekitar jam 11, sekalian makan siang dulu di KFC, iya di kfc haha. Abis itu lanjut naik grabcar ke Tanh Dinh Church, si gereja pink. Gerejanya tuh pas di pinggir jalan, jadi agak susah dapet angle foto yang bagus, tapi ya bisa lah diakalin jadinya ambil foto dari sebrang jalan.

di KFC pake baju Bananaaaaaa

outfit backpackerrr

Lanjut lagi balik ke hotel karena paginya pas keluar kami check out tapi titip tas, rencananya kami mau jalan kaki aja ke kantor bus nya karena lokasi deket sama hotel. Dan setelah ini ada kejadian yang teramat konyol, dipikiranku bus kami berangkat jam 3 sore, jadi pas jam 2 kami santai aja jalan ke kantor bus Mekong Express nya. Dan sesampainya di kantor bus nya dan ngasih tunjuk tiket kami, ternyata tiket kami adalah jam 13 a.k.a jam 1 siaaang. Itu aku rasanya gondok banget, antara malu, sedih, takut juga karena perjalanan ke Phnom Penh itu 7 jam, sedangkan kami udah beli tiket juga buat dr Phnom Penh-Siem Reap jam 11 malam. Dan ini lagi ya untungnya orang sana sungguh lah baik, mbak2nya bantuin orderin lagi bus Kumho Samco Buslines yang arah Phnom penh yang keberangkatannya jam 3. Walopun tiket kami sebelumnya hangus, gapapa deh akhirnya kami tetep bisa berangkat jam 3 sore.

Busnya sebenernya ini bus biasa, cuma ada ekstensi buat naro kaki. Di tengah perjalanan pas kami melintasi perbatasan, kami tetep juga harus ke kantor imigrasi. Ini pengalaman pertama kami juga ke kantor imigrasi yang kami lintasi lewat bus. Kalau biasanya ke kantor imigrasi setelah naik pesawat atau kapal Ferry, sekarang ditengah perjalanan naik bus. Di tengah perjalanan sekitar jam 7 malam, kami juga berhenti untuk makan malam. Dan kalau di Cambodia memang untuk makan di restaurant bayarnya bisa pakai USD, jadi kami memang sudah menyiapkan USD untuk transaksi di Cambodia. Menu makan malam kami tak lain tak bukan adalah pork lagi hehehehe.

Sampai di Phnomp Penh tempat bus kami berhenti itu udah sekitar jam 10:30, kami sudah panik karena masih harus naik taksi lagi ke tempat bus Giant Ibis yang sudah kami booking. Untungnya ada grab car jadi pesan taksi jadi cepat banget, langsung kami naik taksi ke pool bus Giant Ibis. Kami sampai sekitar jam 22:50 dan untungnya bus belum berangkat, lega banget rasanya. Bus akan berangkat jam 23:30, jadi kami ada waktu untuk cuci muka dan sikat gigi dulu. Setelah waktunya naik bus, kami nik satu persatu dan langsung ke tempat yang sudah kami booking. Ini merupakan sleeper bus dan ini menurutku sleeper bus yang paling nyaman, enak deh. Ada colokan juga buat cas hp, tapi yang Interline bus juga sebelumnya juga ada sih. Pokonya nyaman lah bus ini, ga lama jalan kami langsung terlelap.

Hari ke 7
Jam 5:30 kami sampai di pool bus Giant Ibis Phnom Penh, karena sudah jam segini yaudahlah kami merelakan ga dapet sunrise di Angkor Wat hahaha. Begitu sampe ada orang Giant Ibis yang bilang mau bantu kami untuk pesan tuktuk, kami iya aja ternyata dia nawarin mobil dong hahaha. Kami tolak lah dengan halus kami bilang kalo kami maunya naik tuktuk. Jadi deh kami diperkenalkan sama si Nap, driver tutktuk kami yang baik hati, dan dapet harga USD 27 untuk kami pake seharian puter-puter Angkor Wat.

Tujuan pertama tentunya ke counter penjualan tiket buat beli tiket masuk ke Angkor Wat. Masing-masing kami beli tiket untuk one day pass yang harganya USD 37. Mahal ya? emang hahaha, lebih mahal dari nyewa tuktuk seharian lho. Jadi mereka bisa terima pembayaran pake cash maupun credit card, trus nanti kita difoto, jadi di tiket kita tuh ada foto kita. Dan jangan sampe ilang karena disetiap mau masuk ke candi bakal ada petugas yang ngecek tiket kita.

Untuk yang belum pernah kesini mungkin akan agak kaget, karena candinya ini beda sama kaya candi di Indonesia. Di Indonesia kan biasanya satu candi gitu kan, jadi Angkor Wat ini adalah kompleks candi, jadi candinya banyak banget. Makanya tiket masuk juga ada yang one day pass, three day pass dan one week pass. Katanya paling cepet ya tiga hari buat datengin semua candinya, satu minggu kalau mau santai. Tapi ya karena kita ga punya cukup banyak waktu dan sesungguhnya hanya karena mau menghilangkan rasa penasaran aja mau liat si Angkor Wat yang harum namanya ini haha.

Total candi yang kami datangi cuma sebanyak tiga candi. Untuk aku pribadi, walaupun aku kurang menyukai wisata sejarah macam gini, aku sungguh takjub sama banyaknya orang yang datang. Itu beneran ribuan orang dan dari seluruh penjuru dunia. Hebat deh mereka mengelolanya, bersih, jadi nyaman juga buat jalan - jalan sekitaran candinya. Disana kami juga sarapan dan makan siang, saat kami selesai makan siang pas banget hujan turun, jadi kami lama di restaurant untuk sekalian berteduh. Disana juga sebenarnya ada balon udara buat yang mau liat pemandangan Angkor Wat dari titik yang lebih tinggi. Tapi karena cuaca buruk, Risma yang tadinya mau banget naik jadi ga bisa naik karena memang mereka ga mau ambil resiko menerbangkan balon udara disaat hujan atau gerimis.

iconic Angkor Wat photo spot

rambut dikeang biar makin mirip Tomb Raider

Btw, di hari ke 7 ini kami belom mandi sama sekali lho hahaha. Jadi pas ujan sore2 kami nanya2 ke si Nap kira2 dimana ya kami bisa mandi. Untung ya kami dapet driver tuktuk yang baik banget, jadi kami diantar ke hotel gitu yang kami bisa pake buat mandi, berenang, dan istirahat sebentar. Bayar memang, tapi murah cuma 10 USD aja buat bertiga. Kami bertiga langsung setuju karena udah gerah banget badan mau mandi hahaha.

Acrid, Risma, Linda, Nap (kaya org Indo kaaan)

Selesai berenang dan mandi, kami diantar si Nap ke kantor bus Mekong Express yang bakal bawa kami ke Phnom Penh. Kami kepagian banget sebenernya, kaya jam 8 malam padahal bus nya jam 12 malam gitu. Jadi kami diantar, titip barang dan kami pergi ke semacam pasar dekat situ buat makan malam dan belanja2 sedikit. Kami bertiga makan di pinggir jalan gitu dan belanja sedikit souvenir di pasarnya. Harga ya murah sih tapi ga murah2 banget sih menurutku, tetep skill tawar menawar dibutuhkan disini. Tapi disini ada kejadian kurang mengenakkan nih, jadi kan Acrid beli semacam pasmina gitu buat oleh-oleh. Acrid waktu itu beli pake USD pecahan agak gede, jadi kan dikasih kembalian, dan ternyata uang kembaliannya itu adalah USD yg udah tahun 1963 yang ternyata udah ga bisa dipake lagiii. Itu gondoknya seampun ampunan sih, karena pas di belanja selanjutnya baru penjualnya yang ngecek dan bilang uangnya ga bisa dipake. Mau balik lagi ke toko sebelumnya lumayan jauh dan udah mau deket jam boarding si bus. Jadilah akhirnya uang itu diikhlasin aja deh dengan hati kurang ikhlas hehe.

Setelah insiden dollar, kami langsung ke kantor bus deh karena udah mau jam berangkat. Terus ternyata masih ada lagi kejadian kurang mengenakkan dari si bus Mekong Express ini, masa dari tiga kursi yang kami pesan ada dua kursi yang udah ditempatin bule. Akhirnya kami complain ke petugasnya, karena jelas di tiket kami pun sudah ada nomor kursinya. Singkat cerita akhirnya kami bisa duduk di kursi kami sih, si dua bule itu disuruh pindah ke tempat lain. Tapi tetep aja, sistem naikin penumpang si Mekong Express ini ga serapi bus malam sebelumnya yang kami naikin. Nah tapi enaknya disini doang kami dikasih minum plus malkist roma, iya biskuit roma hahaha. Jadi ya tetep enak aja sih, ga lama bus jalan juga kami semua langsung terlelap.

Hari ke 8
Pagi2 kami udah sampe di kantor bus Mekong Express di Phnom Penh, kami cuci muka dan ngumpulin nyawa sebentar. Abis itu kami titip tas dan jalan2 sekitaran situ, mau liat aja gimana kondisi kota Phnom Penh. Apa karena hari Minggu dan masih pagi ya, disana jalanan sepi banget. Tapi ya muka orang Kamboja tuh emang beneran sama banget sama orang Indonesia lho, jadi ras nya sama banget deh muka2 Melayu gitu. Terus kebanyakan orang sana ga bisa bahasa Inggris sih, dibandingkan orang si Siem Reap. Dan Humidity nya lebih parah menurutku, padahal masih pagi dan ga panas terik, tapi badan basah keringetan.

Setelah puas jalan2 pagi sebentar, kami kembali lagi ke kantor Mekong Express untuk ambil tas dan memesan Grab Remorque hahaha. Apa tuh Grab Remorque? itu intinya tuktuk nya grab, keren banget ga sih hahaha. Tapi Grab Tuktuk juga ada, tapi klo Grab Tuktuk itu klo disini semacam Bajaj gitu, jadi kan muatan lebih kecil ya. Kalo yang bentuknya motor narik kereta di belakangnya itu namanya grab remorque. Ya apapun istilahnya ya pokonya kami happy banget bisa naik ini pake aplikasi grab, jadi grab tuh beneran menjalankan transportasi lokal kan. Apalagi pembayaran yang bisa bayar pake grabpay jadi gampang banget mau kemana mana.

didalam Grab Remorque a.k.a tuktuk online
Sampe di airportpun si tuktuk ini bisa anterin sampe pintu keberangkatan lhoo, keren parah dah. Klo disini kan boro2, bolehnya mobil doang yang sampe pintu keberangkatan, ga asek. Terus ibarat klo disini yang bederet buat jemput kan taxi2 doang kan, klo disana selain taxi ada juga tuktuk bederet buat jemput, keren yaaa. Acrid dan Risma satu pesawat, aku agak sore sendiri pesawatnya. Mereka masuk duluan dan aku masih nunggu diluar pas mereka udah masuk. Sudah deh sampai sini jalan2 Vietnam Kamboja kami berakhir, hahahaha.

Kalau mau liat highlightnya dan link untuk akomodasi liat postingan ini yaaa. Kalau mau tau tips2 untuk jalan-jalan di Vietnam Kamboja baca postingan ini yaaa.

Thankyouu.
XoXo,
Linda

Popular posts from this blog

Beautyfest ASIA 2018 DAY 2 part 2

Jellys Sunscreen Cream SPF 50 PA+++ Review