Tips Jalan - Jalan Ke ASEAN (Vietnam-Kamboja)


Heloooo disini aku mau ngasih beberapa tips yang semoga berguna kalau mau jalan - jalan ke Vietnam dan Kamboja. Kalau belum baca cerita perjalananku ke Vietnam dan Kamboja, baca dulu postingan Traveling ke Vietnam - Cambodia 8 hari dan Itinerary jalan - jalan ke Vietnam Kamboja selama 8 hari yaaaaa.




Yuk langsung aja ke tips nya:
  1. Instal Aplikasi Grab dan aktifkan grabpay! ini sangat membantu banget deh, walaupun itu di kota ya tetep aja, mereka bukan negara yang penduduknya mayoritas pake bahasa Inggris. Jadi untuk nanya2 rute transportasi umum tetap saja ribet. Dan kalau mau stop taksi biasa dijalan itu sulit, kebanyakan udah ada penumpangnya.
  2. Selalu waspada dengan keamanan diri sendiri dan barang berharga yang kita bawa. Kalau untuk orang yang tinggal di Jakarta mungkin sudah terbiasa untuk selalu waspada terhadap copet. Ya anggap aja kalau mau jalan - jalan ke Ho Chi Minh dan Hanoi juga, waktu aku kesana sih aku ga yang extra banget, cuma ya make sure aja semua aman. Karena emang hampir di semua blog dari pelancong asing yang aku baca sebelum ke Vietnam, mereka shock banget karena pernah menjadi ataupun pernah liat korban copet disana. 
  3. Kalau aku dapat saran dari traveller yang pernah aku temui sebelumnya, jangan pernah bawa passport dan kartu kredit saat jalan - jalan di negara orang. Bawa aja uang cash  dan foto passport kita pastiin ada di hp. Simpan kartu kredit dan passport kita di hotel di koper kita atau di tempat aman lain, karena kita ga pernah tau, kemungkinan terburuk kalau tas kita dicopet, hilang, ketiup angin atau kecebur got. Kalaupun itu terjadi, tapi kita masih punya passport dan kartu kredit, kita masih bisa melanjutkan hidup dan pulang dengan selamat.
  4. Kalau mau ke Vietnam atau Kamboja, amannya kita bawa USD aja, karena kalaupun mau ditukar "dong" rate nya tetep bagus, kalo kita beli dong di Indonesia jatuhnya harganya mahal, dan klo kita beli dong di Vietnam pake rupiah, jatohnya rupiah ga ada harganya disana, jadi paling bener bawa USD aja. Apalagi di Kamboja, mereka dimana2 juga pake USD, di Siem Reap dan Phnom Penh klo ga yang bener2 murah dan kaki lima sih mereka pasti terima USD.
  5. Beli tiket pesawat dan pastikan udah online check in sebelum berangkat, ini untuk menghindari kejadian kaya si Risma, karena klo udah online check in kan berarti pesawatnya sesuai jadwal.
  6. Kalau mau ke Sapa pakailah Airbnb, karena airbnb itu lokasi homestay nya langsung di tengah2 teras2 sawah yang emang udah iconnya si Sapa. Banyak turis yang karena ga tau, mereka pesan hotel ternyata lokasinya di Sapa Town, which is itu masih di kota, pusat kota dimana bus2 dari luar kota berhentinya disitu. Kalau nginep disitu, mau tracking atau ke area teras2 sawah masih jauh lagi harus naik taksi lagi.
  7. Kalau main ke Sapa, kan banyak tuh ibu2, anak2 yang bakal nawarin jualan mereka. Ini sebenarnya agak gimana gitu, karena ibaratnya kita tuh ga bisa beli cuma satu. Kalo kita udah beli satu, nanti semua temen2nya yang jualan jadi dateng juga. Jadi amannya ya mending tolak aja baik2 semua dengan senyuman ya.
  8. Pakailah Bus Malam untuk transportasi dari kota ke kota lain, selain kita ga bosen diperjalanan yang jauh karena kita pasti tertidur dan pastinya lebih hemat, karena kita ga perlu keluar uang lagi untuk penginapan kan.
  9. Beli lah tiket2 bus online, apalagi yang mau ke Angkor Wat tuh si Giant Ibis, harga sih sebenarnya sama aja. Bahkan lebih mahal karena ada charge pembayaran dari kartu kredit, tapi lebih baik buat mengamankan transport kita disana.
  10. Supaya nyaman tetap lah bawa pelindung dari sinar UV, seperti topi, sunblock, sunglasses, lipbalm, sebenernya ini penting dibawa kemana aja saat traveling, pastiin aja semua terbawa.
  11. Kalau mau trekking di Sapa, bawalah baju yang nyaman dipakai untuk jalan jauh, pakailah sepatu trekking, bawalah ponco atau jas hujan. Sebenarnya tergantung musim ya, tapi karena dataran tinggi hujan lokal pun sering jadi bawa aja biar aman. 
Itu dia tips-tips dari aku, mungkin ada beberapa poin yang bisa juga diterapkan kalau mau jalan - jalan ke negara lain.

Semoga bermanfaat.

Thankyou,
Xoxo,
Linda.


Comments

Popular posts from this blog

Beautyfest ASIA 2018 DAY 2 part 2

Jellys Sunscreen Cream SPF 50 PA+++ Review

How to beat the Sun!!