Traveling ke Vietnam - Cambodia 8 hari




Di depan Homestay Hmong Sister House


Di depan Angkor Wat


Halooooo again, kali ini aku mau ceritanya pake bahasa Indonesia aja yaaaa, karena waktu aku research sebelum jalan2 ke Vietnam Cambodia ini, susah atau sedikit sekali blog yang cerita tentang pengalaman jalan - jalan ke dua negara ini. Jadi lupakan sejenak niatan nulis blog sekalian belajar bahasa Inggris untuk kali ini. Semoga membantu kalau ada yang mau cari referensi sebelum jalan2 ke dua negera ini yaaaa. Pertama aku mau tulis dulu highlightnya di awal, buat gambaran kemana aja lokasi - lokasi yang aku datangi plus harga2nya dalam IDR(Indonesian Rupliah), VND(Vietnam Dong) dan USD(US Dollar).

Day 1
Jakarta - KL - Hanoi  (Malindo IDR 768,000)
Hanoi Airport - Hanoi City Backapckers Hotel (Bus 86 VND 30,000)
Stay at Hanoi City Backpackers hostel (IDR 63,163 person/night with breakfast)
St. Joseph Cathedral
Dinner, Bun Cha Ta

Day 2
Hostel - HCM Mauselleum (Grabbike, VND 20,000)
Ho Chi Minh Mauselleum (VND 40,000)
Lunch, Street food
Dong Xuan Market
Hanoi - Sapa (sleeper bus, interbus line USD 11)

Day 3
Arrived in Sapa
Stay at Hmong Sister House (Aibnb USD 10/night/person)
Explore near Waterfall
Lunch at the small restaurant
Dinner at the airbnb house (VND 80,000 all you can eat)

Day 4
Rainy until 2pm
Explore Thac Thin Yeu waterfall (rent car and driver VND 1,100,000)
Dinner at Sapa Town

Day 5
Sapa - Hanoi (interbus line, USD 11)
Hanoi terminal - Hanoi Airport (bus 86 VND 35,000)
Hanoi - Ho Chi Minh (Jetstar IDR 980,000)
Ho Chi Minh Airport - Pioneer hotel (grabcar)

Day 6
Tanh Dinh Cathedral/Pink Church
Ho Chi Minh - Phnom Penh (USD 10)
Phnom Penh - Siem Reap (Giant Ibis, sleeper bus USD 16)

Day 7
Angkor Wat (USD 37/person/one day pass)
Tuktuk (USD 28/one day)
Hotel for shower (USD 3/person)
Dinner street food
Siem Reap - Phnom Penh (Mekong Express USD 12)

Day 8
Phnom Penh Mekong Express - Airport (Grab Remorque)
Phnom Penh - KL - Jakarta (Airasia IDR 1,000,000)


Itu dia kira-kira gambaran umum kemana aja aku di trip kali ini, di trip ini travel buddyku adalah Risma dan Acrid. Awal dari terjadinya perjalanan ini adalah karena Risma yang pengen banget jalan-jalan. Tadinya sempet kepikiran mau ke Jepang atau China, tapi berhubung Risma tinggal di Papua, bakal ribet klo nanti harus urus visa dulu. Jadilah kami putuskan untuk ke negara di ASEAN aja yang kita ga perlu pake visa. Perjalanan ini berlangsung dari tanggal 22 Juli 2018 - 29 Juli 2018, total 8 hari ke dua negara di asean.

Semenjak diputuskan untuk ke negara Asean, satu tempat yang aku ingin kunjungi adalah Sapa, jadi kami sepakat untuk ke Vietnam. Masa cuma satu negara? yaudah deh satu lagi biar dua hahaha, jadi lah kami memutuskan ke Cambodia untuk ke Angkor Wat. Jadi dua objek utama itulah yang ingin kami datangi di trip kami ini. Keputusan ini kira-kira dua bulan sebelum hari keberangkatan, yang pertama kami beli tentunya tiket ke Hanoi, lalu selanjutnya tiket selama perjalanan dan hostel atau tempat penginapan selama trip ini.

Sekarang aku mau share tentang pengalaman aku beli-beli tiket untuk perjalanan ya
  • Trip.com, ini aplikasi yang aku pake untuk beli tiket-tiket pesawat di perjalanan ini, karena apa? ya karena ini harganya paling murah dibandingkan aplikasi yang lain. Aku mengambil kesimpulan untuk perjalanan di luar Indonesia dia ini yang paling murah. Tiket pesawat yang aku beli di perjalanan ini yaitu Jakarta-Hanoi, Hanoi-Ho Chi Minh dan Phnom Penh-Jakarta. Aplikasi ini cukup user friendly tapi mungkin untuk yang mau transaksi ga punya kartu kredit ya agak ribet ya a.k.a ga bisa. Mungkin karena ini aplikasi orang luar punya jadi dia terimanya pembayaran pake kartu kredit, itupun ada beberapa kartu kredit yang ga bisa waktu aku coba.
  • Agoda, kalo ini sih pasti semua orang juga tau hahaha, pembayaran bisa langsung di hotel atau di pake kartu kredit. Aku booking hostel untuk di Hanoi City Backapackers dan Pioneer hotel di agoda.
  • Airbnb, ini sih the best banget untuk homestay aku di Sapa, untung ada airbnb jadi aku bisa nemuin Hmong Sister House, jadi kita bisa set tanggal kita, terus tipe homestay yang kita mau, budget kita berapa dan liat review dari tamu yang lain. Yang paling penting dari stay di airbnb adalah baca reviewnya, to be safe mending pilih tempat yang reviewnya bagus. Dan beruntungnya lagi di Hmong Sister House ini hostnya si Mary luar biasa helpful deh, dia juga yang bantuin ita beli tiket bus Hanoi-Sapa-Hanoi dari Inter Bus Line. Bus nya ini model sleeper bus gitu, jadi bangkunya sendiri2 bisa tiduran, nyaman banget deh. Payment buat homestaynya karena melalui airbnb jadi pake kartu kredit dan untuk bus nya karena nitip aku bayar cash pas udah sampe di homestay.
  • Mekong Express Bus, ini aku beli buat rute Ho Chi Minh-Phnom Penh dan Siem Reap-Phnom Penh. Untuk Sleeper bus juga modelnya bangku satu-satu gitu yang bisa tiduran, tapi klo untuk yang perjalanan day time bangkunya kaya biasa aja cuma ada extra tempat buat kaki aja. Ini juga harganya lumayan dan paymentnya pake kartu kredit,
  • Giant Ibis Bus, ini satu bus yang terkenal banget buat sleeper bus dari dan ke Siem Reap, jadi kalo ga beruntung ya gampang banget kehabisannya. Kayanya semua orang yang mau ke Angkor Wat pasti pake bus ini deh haha. Bus ini aku beli untuk rute Phnom Penh-Siem Reap aja jadinya, tiket baliknya udah keabisan. Ini bus paling nyaman sih untuk sleeper bus, berasa paling luas aja gitu. Harga cuma lebih mahal dikiit doang dan payment seperti biasa pake kartu kredit. 
Oke Segitu aja post yang ini ya, kalau mau tau detail per hari aku kemana aja liat postingan yang ini yaa, begitu juga untuk tau tips-tips untuk jalan-jalan ke Vietnam dan Kamboja baca post yang ini.

Oiya kalo mau liat vlog nya juga bisa liat di sini yaaa, jangan lupa subscribe yaaaa hahaha.

Thankyou.
XOXO,
Linda

Comments

Popular posts from this blog

Beautyfest ASIA 2018 DAY 2 part 2

Jellys Sunscreen Cream SPF 50 PA+++ Review

How to beat the Sun!!